Jumat, 31 Oktober 2014

Konsep Softskill

Softskill merupakan kemampuan yang dimiliki setiap orang secara non akademis, yaitu tidak bisa dilihat dari kemampuan mereka hanya dengan mengerjakan suatu pekerjaan yang membutuhkan hafalan atau penggunaan rumus yang benar. Softskill adalah kemampuan psikologi kita untuk bisa membangun kepercayaan diri ketika sedang berada di suatu lingkungan sosial. Hal ini harus dimiliki setiap orang yang akan berguna ketika mereka harus berbicara di depan umum.

Untuk itu setiap mahasiswa harus memiliki kemampuan softskill ini karena akan sangat berguna bagi mereka baik dalam proses perkuliahan dan juga dalam dunia pekerjaan kelak. Softskill bisa dilatih dengan beberapa cara yang efektif agar kemampuan softskill kita bisa menjadi lebih baik. Berikut beberapa cara yang menurut saya bisa dilakukan:

1. Sering membuat tulisan bermanfaat di blog yang kita miliki

Hal ini terbilang efektif karena ketika kita sering membuat tulisan yang bermanfaat di blog maka akan meningkatkan kepercayaan diri kita untuk bisa berbagi hal-hal bermanfaat dengan orang lain. Dengan begitu kita jadi lebih berani untuk mengungkapkan sesuatu kepada orang lain tanpa harus takut salah dan takut tidak disukai oleh orang lain.

2. Biasakan diri untuk bersosialisasi dengan orang lain

Manusia sebagai makhluk sosial tentu perlu untuk bersosialisasi dengan orang lain karena mereka tidak bisa hidup hanya dengan melakukan apapun sendiri. Kita harus membiasakan diri bersosialisasi dengan orang lain agar bisa menjadi manusia yang sesuai kodratnya sebagai makhluk sosial. Teman biasanya menjadi orang yang sering diajak bersosialisasi dalam segala hal. Kita bisa berbagi cerita, pelajaran, hobi, dan banyak lainnya dengan teman karena cara pandang yang biasanya sama dalam menanggapi suatu hal bisa membuat kita nyaman ketika berbagi. Namun perlu diperhatikan pula situasi dan orang yang kita ajak bersosialisasi agar bisa dilakukan dalam waktu dan kondisi yang tepat.

3. Mampu menempatkan diri di setiap lingkungan sosial

Dalam meningkatkan kemampuan softskill kita, perlu kita perhatikan kondisi lingkungan sosial yang sedang kita hadapi agar kita bisa melakukan hal yang tepat. Ketika sudah menjadi mahasiswa, kita tentu bisa berada di banyak lingkungan sosial berbeda, misalnya lingkungan komunitas, kelas, kampus, dunia luar, keluarga, dan lainnya. Tentu disetiap lingkungan sosial yang berbeda kita harus bisa menempatkan diri berbeda pula karena kondisi lingkungannya yang berbeda. Jika kita bisa tepat menempatkan diri di setiap lingkungan tersebut bisa dikatakan kemampuan softskill kita sudah lebih baik.

Dengan melakukan 3 hal diatas saya rasa kemampuan softskill kita bisa menjadi lebih baik. Meskipun begitu, tentu masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan dalam meningkatkan kemampuan softskill kita agar kita bisa siap ketika menghadapi dunia kerja karena bukan hanya kemampuan akademik saja yang dibutuhkan, tetapi kemampuan softskill juga dibutuhkan untuk bisa melakukan pekerjaan yang kita lakukan.

Tunggu tulisan2 menarik lainnya yaaa... Vielen danke ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran